
Nah untuk postingan kali ini, sesuai judul di atas bakal mengenai curcol tentang blog. Nah coba renungkan (cie disuruh merenung, renungin hidup aja belum beres, wkwk) yang penting bagi blog itu pengunjung atau pembaca? Ide dari pembuatan postingan ini muncul pas lagi di sebuah pusat perbelanjaan. Pas lagi liat keramaian di sana tiba-tiba terpikir, lebih bagus mana antara banyak pengunjung dengan banyak pembeli, dalam hal penentuan prioritas di awal usaha.
Nah kalau menurut Blognya Reyhan hal itu tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Jika dari sisi marketing tentu banyak pengunjung itu lebih bagus. Walaupun dari sekian banyak pengunjung hanya beberapa yang berbelanja, namun dengan banyaknya pengunjung tentu akan mengundang orang lain untuk berkunjung juga. Jika pengunjung-pengunjung ini diartikan sebagai potential buyer, tentu semakin banyak potential buyer semakin besar juga potensi tingginya tingkat penjualan.
Kemudian jika dari sisi usaha, tentu lebih baik banyak pembeli, karena laba perusahaan akan baik. Namun untuk jangka panjang tentu dua hal itu saling berkaitan. Pembeli akan banyak apabila pengunjungnya juga banyak. Apalagi jika perusahaan dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga para pengunjung itu tidak hanya sekedar potential buyer, tapi juga benar-benar menjadi pembeli. Prioritaskan yang mana dulu? Yah menurut Blognya Reyhan bisa diprioritaskan dahulu jumlah pengunjung sambil mematangkan usaha untuk memaksimalkan jumlah pembeli.
Nah bagaimana dengan dunia blogging? Menurut Blognya Reyhan akan sedikit berbeda. Oke jenisnya juga berbeda. Yang satu menjual barang secara fisik, yang satu secara online. Tapi ini dari sisi blog secara umum, bukan hanya yang digunakan sebagai portal toko online pribadi.
Pada dunia blogging, sepertinya agak sulit untuk menentukan mana yang lebih baik jika harus memilih salah satu, walau sebenarnya semuanya penting. Tapi untuk kepentingan penentuan prioritas awal, berbeda dengan usaha fisik untuk blogging yang menjadi prioritas adalah pembaca (jika di toko fisik ya pembeli). Nah kenapa pembaca? Karena berbeda dengan toko fisik, tingkat keramaian blog kita itu tidak terlihat jika orang lain tidak berkunjung ke blog.
Untuk menarik orang lain agar berkunjung ke blog kita tentu kita perlu membuat blog kita dibaca banyak orang. Dengan banyaknya orang yang membaca blog kita, tentu kemungkinan orang berkunjung ke blog kita akan tinggi karena kualitas isi blog kita sudah dinilai bagus untuk dibaca. Dari sisi bisnis pun jika blog kita sudah dikenal memiliki banyak pembaca tentu akan banyak yang bersedia menggunakan blog kita sebagai media promosi kita (baik memasang iklan maupun jasa promosi lewat postingan / endorsement) karena potensi terbacanya promosi tersebut akan tinggi dibandingkan dengan banyaknya pengunjung tapi hanya sekedar lewat saja.
Nah tentu pendapat kawan-kawan semua bisa berbeda dengan Blognya Reyhan. Yang terpenting selalu prioritaskan membuat konten yang berkualitas dan orisinil. Happy Blogging.
Pengunjung atau Pembaca?
Reviewed by Muhammad Reyhan
on
August 24, 2016
Rating:

No comments: